10 Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang paling sering digunakan saat membuat masakan, terutama di Indonesia. Walaupun bisa membuat kita menitikkan air mata saat mengirisnya, tapi bawang merah memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat bawang merah bagi kesehatan tubuh

Mengurangi kolesterol jahat

Menurut hasil penelitian di Chinese University of Hong Kong menunjukkan bahwa bawang merah dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat. Masih menurut studi tersebut, mengonsumsi setengah bawang merah setiap hari membantu meningkatkan kolesterol HDL baik sebanyak 30 persen.

Meningkatkan glutathione

Glutathione merupakan salah satu antioksidan yang paling penting. Tubuh manusia akan menghasilkan lebih banyak glutathione dengan memakan bawang merah. Zat antioksidan ini mencegah kanker, penyakit jantung dan bahkan Alzheimer.

Mengatasi flu

Sejak zaman dahulu, memakan bawang khususnya bawang merah diyakini sebagai cara terbaik mengatasi flu dan sakit tenggorokan.

Mengendalikan kadar gula darah

Bawang merah mengandung allyl propyl disulphide atau minyak bawang. Minyak ini berfungsi mirip seperti insulin untuk membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Menurut penelitian terbatas bawang merah dapat membantu mengurangi glukosa darah.

Menghilangkan noda atau bintik hitam pada kulit

Melasma atau hyperpigmentation sering disebabkan oleh sinar matahari, kontrasepsi dan kehamilan. Noda atau bintik hitam sering disebut sebagai masker kehamilan. Jus bawang merah yang dicampur dengan sari cuka apel digunakan selama dua kali seminggu dapat membantu menghilangkan noda hitam pada kulit. Baik bawang merah maupun sari cuka bermanfaat menyeimbangkan pH kulit.

Membantu mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan

Bawang merah mengandung zat quercetin flavonoid yang sangat penting dalam mencegah dan mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti pembekuan darah, bronkitis, demam, asma dan diabetes.

Mengeluarkan racun dari tubuh (Detoksifikasi)

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu permasalahan yang mengkhawatirkan mengenai lingkungan adalah paparan zat-zat berbahaya dan beracun misalnya timah, merkuri, dan kadmium. Zat-zat tersebut sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Kita perlu mengatasinya dengan cara detoksifikasi. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi makanan  dengan methyonine dan cystin, yang mengandung asam amino. Zat-zat tersebut dapat membantu menyerap zat racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Bawang merah mengandung banyak zat asam amino sehingga sangat cocok untuk detoksifikasi.

Membantu mencegah kanker

Menurut studi yang diterbitkan pada Jurnal of the National Cancer Institute menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran yang mengandung allium termasuk bawang merah secara teratur dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker prostat. Penelitian serupa juga menunjukkan bahwa memakan bawang merah dapat menghindari tingkat kemungkinan terkena kanker perut dan payudara.

Mengurangi rasa sakit akibat gigitan lebah

Gigitan lebah bisa sangat menyakitkan dan menimbulkan pembengkakan. Meletakkan es dan penghilang rasa sakit sangat diperlukan. Tapi, anda juga bisa menggunakan bawang merah segar yang dipotong kemudian meletakkannya di atas area yang terkena gigitan agar mengurangi rasa sakit.

Menjaga kesehatan Anda sangat penting. Bawang merah bisa menjadi salah satu pilihan yang terbaik bagi anda yang memperhatikan kesehatan. Anda bisa mulai memakai dan menambahkannya ke setiap menu makanan Anda.

NB : 
Tulisan ini berusaha untuk menghadirkan informasi dan tips yang seakurat mungkin dari berbagai sumber pilihan dan terpercaya. Hasil dapat bervariasi pada tiap individu tergantung kondisi tubuh dan kesehatan pribadi. Jawalogger tidak dapat menjamin dan tidak bertanggung jawab apabila hasil yang anda peroleh berbeda dengan pengguna lain yang mendapatkan hasil positif.

Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis atau ahli gizi untuk mendapatkan saran dan solusi terbaik berkaitan dengan manfaat pisang bagi kesehatan tubuh.

Semoga bermanfaat.

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa