10 Contoh Soal Latihan Menulis Menggunakan Aksara Jawa

Kita tidak akan bisa mahir tentang suatu hal jika tidak sering berlatih, termasuk dalam menulis aksara Jawa. Tantangan bagi pengguna aksara Jawa pada zaman sekarang adalah aksara ini sangat jarang dipakai dalam penulisan berbahasa Jawa. Inilah yang menyebabkan sulitnya seseorang untuk menguasai penulisan salah satu aksara daerah ini.

Untuk menunjang kemampuan menulis aksara Jawa perlu latihan terus menerus. Dengan begitu, hafalan tentang aksara lengkap dengan pasangan dan sadhangannya pun bisa semakin lancar. Hasilnya, menulis aksara Jawa menjadi mudah dan menyenangkan.

Jawalogger kali ini juga akan membagikan beberapa contoh soal berupa kata-kata Jawa beserta penulisannya menggunakan aksara Jawa. Pada tulisan ini ada sepuluh contoh yang mudah-mudahan bisa membantu anda dalam mempelajari dan menguasai penulisan aksara Jawa.

Gayung siwur

Pakan sapi

Golek sapu

Daksaut

Jajan gorengan

Tumbas tempe

Didandani

Pakdhe Sardi

Dipun sebul

Dicokot semut

Itulah sepuluh contoh soal menulis aksara Jawa dengan kata-kata singkat dan sederhana. Semoga bisa menjadi bahan pembelajaran yang bermanfaat. Mungkin ada di antara anda yang sudah mahir menulis aksara Jawa, mohon dibetulkan jika ada yang kurang tepat.

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa