Sejarah Hari Ini Tanggal 5 Oktober

Berbagai peristiwa bersejarah penting terjadi di seluruh dunia pada tanggal 5 Oktober. Dari tahun ke tahun, peristiwa demi peristiwa tercatat untuk dikenang dan diambil pelajarannya. Jawalogger meringkas aneka kejadian penting dunia yang dihimpun dari berbagai sumber terpercaya.

Peristiwa penting dunia 5 Oktober


5 Oktober 578
Meninggalnya Justinus II seorang Kaisar Byzantium yang berkuasa di kekaisaran tersebut dari tahun 565 hingga 578.

5 Oktober 1450
Louis IX penguasa Bavaria mengeluarkan perintah untuk mengusir orang-orang Yahudi dari kawasan Bavaria Bawah. Bavaria merupakan sebuah wilayah yang sekarang masuk ke dalam negara Jerman.

5 Oktober 1582
Kalender Gregorian mulai diperkenalkan di Italia dan negara-negara Katolik lainnya.

5 Oktober 1813
Pertempuran Thames di Kanada antara pasukan Amerika Serikat (AS) dengan pasukan kerajaan Inggris. Pada pertempuran tersebut, tentara AS berhasil mengalahkan tentara Inggris.

5 Oktober 1829
Presiden ke 21 Amerika Serikat Chester Alan Arthur dilahirkan di North Fairfield, Vermont.

5 Oktober 1864
Badai topan meluluh lantahkan sebagian besar wilayah Kalkuta, India. Bencana besar tersebut merenggut sekitar 60.000 jiwa. Badai topan itu menjadi bencana paling besar yang pernah terjadi di kalkuta.

5 Oktober 1910
Portugal menjadi sebuah negara Republik setelah Kerajaan digulingkan oleh kaum revolusioner. Sejak tahun 1139, Portugal merupakan sebuah kerajaan yang berdiri selama ratusan tahun dan selama ratusan tahun menjadi salah satu kerajaan terkuat di dunia.

5 Oktober 1915
Perang Dunia I yang berlangsung sejak 1914 melibatkan banyak negara, termasuk salah satunya Bulgaria. Negara yang terletak di Balkan ini ikut terseret dalam peperangan dan bergabung dengan Blok Sentral bersama Kekaisaran Jerman, Austria-Hungaria, dan Kesultanan Ottoman.

5 Oktober 1919
Debut balapan pebalap kondang Enzo Ferrari di Italia. Selama karir balapnya, Enzo telah melalui 47 balapan dan 13 di antaranya mampu menjadi juara pertama. Konon, dia bisa saja meraih lebih banyak gelar juara. Tapi hasrat dan kecintaannya pada dunia otomobil membuatnya berhenti membalap. Pada pertengahan 1920-an, Enzo Ferrari berhenti dari dunia balap dan mengejar hasrat untuk membangun kerajaan mobil balapnya yang terkenal sampai sekarang, Ferrari.

5 Oktober 1930
Pesawat udara Inggris R-101 jatuh di Beauvais Prancis. Kecelakaan maut tersebut menewaskan 48 orang dari 54 penumpang pesawat. Sejak saat itu, upaya Inggris untuk membuat pesawat yang lebih ringan daripada udara berakhir.

5 Oktober 1931
Clyde Pangborn and Hugh Herndon mampu menyelesaikan penerbangan pesawat tanpa henti pertama yang menyeberangi Samudra Pasifik. Mereka tiba di Negara Bagian Washington setelah menempuh perjalanan sekitar 41 jam berangkat dari Jepang.

5 Oktober 1947
Pidato pertama Presiden Amerika Serikat Harry S. Truman di Gedung Putih yang pertama melalui televisi. Pada saat itu dia berbicara mengenai krisis pangan dunia.

5 Oktober 1948
Bencana gempa bumi dahsyat terjadi di wilayah dekat Ashgabat, Turkmenistan. Gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter tersebut menewaskan sekitar 110.000 orang.

5 Oktober 1962
Grup band legendaris Inggris The Beatles mengeluarkan lagu pertama mereka dengan judul Love Me Do. Lagu tersebut mampu nangkring di posisi 17 tangga lagu Inggris dan The Beatles mulai mendapatkan kepopuleran mereka bahkan sampai ke seluruh dunia.
lagu yesterday the beatles

5 Oktober 1974
Dave Kunst menjadi orang pertama yang terverifikasi melakukan perjalanan keliling bumi. Pada awalnya dia bersama saudaranya John ketika menempuh perjalanan kaki tersebut. Tapi John meninggal ditembak dan dibunuh oleh bandit dan Dave terluka. Dave tidak putus asa dan mampu kembali menyelesaikan perjalanan bersama saudara laki-lakinya yang lain, Peter. Secara resmi, Dave Kunst menempuh jarak 14.452 mil untuk mengelilingi bumi.

5 Oktober 1989
Dalai Lama ke 14 dari Tibet mendapatkan penghargaan Nobel Perdamaian untuk perjuangannya dalam upaya pembebasan Tibet dan resolusi damai.

5 Oktober 1991
Kecelakaan pesawat Hercules C-130 milik TNI AU di Condet Kramat Jati, Jakarta Timur. Pesawat nahas tersebut jatuh setelah lepas landas dari Landasan Udara Halim Perdana Kusuma. Sebanyak 119 orang meninggal termasuk 11 awak dan 2 orang orang di daratan dalam kecelakaan maut itu.

5 Oktober 2011
Pendiri Apple Steve Jobs meninggal dunia di rumahnya Palo Alto, California, Amerika Serikat (AS). Pria bernama lengkap Steven Paul Jobs ini meninggal akibat penyakit komplikasi kanker pankreas langka.
laptop apple mac
Laptop Apple salah satu karya Steve Jobs
Itulah berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi pada tanggal 5 Oktober. Semoga bisa menjadi ispirasi dan pelajaran bagi kita semua.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa