Ini Dia Peristiwa Sejarah Penting Dunia Yang Terjadi Tanggal 3 Oktober

Setiap tanggal dan hari pasti akan meninggalkan sejarah untuk dikenang generasi yang akan datang. Begitu pula dengan berbagai macam peristiwa yang terjadi di masa lampau hingga saat ini yang sebaiknya kita kenal. Peristiwa-peristiwa penting baik di dunia internasional maupun nasional akan menarik untuk disimak. Pada tanggal 3 Oktober, terjadi banyak peristiwa bersejarah nan penting yang patut untuk kita pelajari Lurr. Apa saja?

3 Oktober 2333 SM (Sebelum Masehi)
Pada tanggal 3 Oktober 2333 SM Kerajaan Gojoseon di Semenanjung Korea didirikan oleh Dangun Wanggeom. Setelah ribuan tahun berdiri akhirnya kerajaan ini runtuh pada tahun 109 M. Pasukan Dinasti Han dari Tiongkok menyerang dan kemudian menguasai beberapa daerah kekuasaan Kerajaan Gojoseon. Setelah Kerajaan Gojoseon runtuh dan berkurangnya kekuasaan Dinasti Han, muncullah beberapa negara-negara kecil yang berada di Semenanjung Korea.

3 Oktober 1929
Kerajaan Yugoslavia yang terdiri dari Kerajaan Serbia, Kroasia, dan Slovenia resmi berdiri. Namun, Kerajaan Yugoslavia hanya mampu bertahan sampai tahun 1943 di mana sistem pemerintahan berubah menjadi Republik Federal Sosialis Yugoslavia. Negara Yugoslavia akhirnya runtuh pada tahun 1992 dan terpecah menjadi beberapa negara seperti Serbia, Kroasia, Bosnia-Herzegovina, Slovenia,  dan Montenegro.

3 Oktober 1932
Irak mendapatkan kemerdekaan dari Kerajaan Inggris. Sejak tahun 1920, Irak berada di bawah pengawasan dan kendali Inggris berdasarkan mandat dari Liga Bangsa-Bangsa (sebutan lama PBB).
bendera irak
Bendera Irak
3 Oktober 1943
Pada tanggal 3 Oktober 1943, Jepang membentuk Giguyun yaitu kelompok tentara sukarela yang ada di wilayah Sumatra. Tentara Giguyun dibentuk untuk mendidik orang-orang Indonesia agar bisa mengahadap[i dan melawan tentara Sekutu pada masa Perang Dunia II. Giguyun sendiri berbeda dengan Heiho karena mempunyai undang-undang dan aturan sendiri, Sedangkan pasukan Heiho harus taat pada aturan yang dibuat tentara Jepang.

3 Oktober 1951
Pada tahun ini terjadi peperangan antara tentara PBB dengan tentara Tiongkok pada masa Perang Korea berlangsung. Peristiwa yang berlangsung di dekat Sungai Imjin, Korea ini dikenal dengan sebutan Pertempuran Maryang San. Pertempuran ini terjadi selama lima hari dengan PBB yang meraih kemenangan.

3 Oktober 1965
Pada 30 September 1965 terjadi sejarah kelam negara Indonesia. PKI memberontak dan menculik serta membunuh tujuh anggota TNI dengan keji. Pada tanggal 03 Oktober 1965 mayat enam jenderal dan satu perwira militer ditemukan di dalam sumur tua di Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Nama-nama para jenderal yang menjadi korban keganasan PKI yaitu Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI Raden Suprapto, Mayjen TNI Mas Tirtodarmo Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Brigjen TNI Donald Isaac Panjaitan, Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo. Sedangkan perwira militer yang wafat yaitu Lettu Pierre Andreas Tendean.

3 Oktober 1979
Gitaris Red Hot Chili Peppers (RHCP) Josh Adam Klinghoffer lahir di Los Angeles, California, Amerika Serikat. Josh mulai bergabung dengan RHCP pada tahun 2009 mengisi posisi gitaris yang ditinggalkan oleh gitaris sebelumnya, John Anthony Frusciante. Josh bersama RHCP telah menelurkan dua buah album yaitu I’m With You yang dirilis pada 2011 dan The Getaway pada 2016.

3 Oktober 1981
Bagi para penggemar sepakbola tentunya sudah sangat mengenal nama Zlatan Ibrahimovic. Tepat pada tanggal 3 Oktober 1981 silam Zlatan lahir di Malmo, Swedia. Nama Zlatan Ibrahimovic mulai dikenal dunia saat dia memperkuat klub Ajax Amsterdam. Kemudian dia pindah ke berbagai klub besar Eropa antara lain Juventus, Barcelona, Inter MIlan, AC Milan, Paris Saint Germain dan yang terakhir bermain untuk Manchester United.

3 Oktober 1990
Pada tanggal ini terjadi peristiwa bersejarah bagi rakyat Jerman yang sebelumnya terbagi menjadi dua negara Jerman Barat dan Jerman Timur semenjak 7 Oktober 1949. Tanggal 3 Oktober 1990 Jerman Barat dan Jerman Timur resmi bersatu ditandai dengan robohnya Tembok Berlin yang menjadi pemisah kedua negara sejak 1949.
grafiti di tembok berlin
Lukisan grafiti di Tembok Berlin
Itulah aneka peristiwa bersejarah dan penting untuk kita kenang serta sebagai pengetahuan.

Semoga bermanfaat,

Maturnuwun :)

(dari berbagai sumber)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa