Cara Mengatasi Kebotakan Pada Rambut Kepala Pria

Penampilan sangat diperhatikan baik pria maupun wanita. bedanya, sebagian wanita merasa takut dan cemas dengan penuaan dini yang ditandadi dengan timbulnya kerutan pada kulit terutama kulit wajah. Sedangkan pria sangat khawatir dengan kebotakan dini. Fakta menunjukkan bahwa lebih dari setengah pria mempunyai masalah kebotakan saat berusia di atas 40 tahun. Tidak jarang pula, pria usia muda pun juga mengalami kebotakan. Tentu saja jika ini dibiarkan akan memengaruhi kepercayaan diri.

Kebotakan di kepala merupakan akibat dari rambut yang semakin lama semakin menipis dan sulit untuk mengatasinya. Pola kebotakan biasanya dimulai dari mundurnya garis rambut bagian depan kemudian menjalar ke belakang. Jika semakin lama dibiarkan akan menyebabkan kebotakan semalain meluas.

Kebotakan diyakini terjadi karena dua faktor utama, faktor genetika dan gaya hidup. Mungkin anda tidak akan mungkin mengubah gen, tapi untuk gaya hidup anda bisa mengubahnya. Dengan gaya hidup yang sesuai untuk kesehatan kepala dan rambut, maka masih ada peluang untuk mencegah dan mengatasi kebotakan.

cara mengatasi kebotakan rambut kepala

Untuk mencegah dan mengatasi kebotakan yang makin melebar anda bisa mempertimbangkan cara-cara berikut ini :

Mengubah gaya hidup

Gaya hidup yang sesuai akan membantu mencegah dan mengatasi kebotakan. Bukan hanya dalam hal pola maka / diet tapi juga faktor-faktor lainnya seperti tingkat stres hingga kebiasaan anda memperlakukan rambut.

Mengubah pola makan atau diet sangat penting untuk memperoleh rambut yang sehat. Pilihlah makanan yang mengandung protein, rendah lemak, zat besi, biotin dan seng. Konsumsi daging yang mengandung rendah lemak seperti daging unggas, ikan dan kacang-kacangan.

Perhatikan pula asupan zat besi dalam setiap menu harian anda. Jika kekurangan zat besi maka akan menyebabkan anemia. Anemia dapat mengakibatkan kerontokan rambut.

Stres dapat menyebabkan menyebabkan telogen effluvium, yaitu ketika rambut memasuki fase "istirahat" yang ditandai dengan rontoknya rambut dalam jumlah cukup banyak. Manajemen stres sangat diperlukan agar kerontokan rambut bisa dicegah dan diatasi. Anda dapat melakukan meditasi, yoga, tai chi maupun olahraga.

Sisir rambut anda dengan lembut untuk menjaga helai demi helai rambut di kepala agar tidak rontok. Hindari pula kebiasaan menggaruk-garuk kulit kepala karena akan menimbulkan ketombe penyebab kerontokan rambut.

Gunakan obat dan suplemen

Tidak hanya gaya hidup, anda mungkin juga akan membutuhkan bantuan obat maupun suplemen untuk membantu mencegah dan mengatasi kebotakan.

Konsumsi multivitamin akan membantu mendorong pertumbuhan rambut. Konsumsi Vitamin D dapat membantu mengulang fase pertumbuhan rambut. Pilih juga suplemen alami yang khusus untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

Anda juga bisa memakai obat topikal untuk rambut rontok yang sudah disetujui FDA (BPOM-nya Amerika Serikat), Minoxidil. Minoxidil membantu memperpanjang tahap pertumbuhan aktif rambut dan memperlancar aliran darah, oksigen dan nutrisi ke folikel rambut.

Tapi, anda harus hati-hati ketika menggunakan minoxidil karena obat ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit kepala. Selain itu, minoxidil akan menyebabkan rambut berminyak. Jadi pilihlah minoxidil dengan kandungan busa lima persen. Cara menggunakan minoxidil cukup dengan menggosokannya ke kulit kepala pada pagi dan malam hari.

Ganti sampo yang biasa anda gunakan dengan sampo mengandung satu persen ketoconazole. Ketonazole berfungsi sebagai bahan antidandruff (anti ketombe) dan anti-androgen. Anti androgen dapat menghalangi perubahan testosteron menjadi dihidrotestosteron, hormon yang menyusutkan folikel rambut.

Tindakan medis

Menurut sebuah hasil penelitian, pria yang merangsang kulit kepala mereka dengan menggunakan laser selama tiga kali seminggu, kepadatan rambut mereka meningkat secara signifikan setelah 26 minggu. Dari penelitian tersebut juga diketahui bahwa laser mempunyai efek antioksidan yang bermanfaat menyehatkan folikel rambut.

Transplantasi rambut juga dapat menjadi solusi bagi pria yang khawatir dengan penampilan akibat kebotakan. Metode ini bukan hanya mampu mengubah tampilan rambut tapi juga menambah kepercayaan diri dan penampilan yang menarik.

Metode transplantasi rambut dilakukan dengan cara memasukkan folikel rambut ke bagian yang botak agar tertanam sempurna di kulit kepala. Untuk dapat melihat pertumbuhan rambut membutuhkan waktu antara tiga sampai sembilan bulan setelah operasi transplantasi.

NB : 
Tulisan ini berusaha untuk menghadirkan informasi dan tips yang seakurat mungkin dari berbagai sumber pilihan dan terpercaya. Hasil dapat bervariasi pada tiap individu tergantung kondisi tubuh dan kesehatan pribadi.Jawalogger tidak dapat menjamin dan tidak bertanggung jawab apabila hasil yang anda peroleh berbeda dengan pengguna lain yang mendapatkan hasil positif.

Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis untuk mendapatkan saran dan solusi terbaik berkaitan dengan masalah kebotakan pada rambut kepala.

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa