Cara Memilih Mesin Potong Rumput dan Jenis-Jenisnya

Tanaman rumput banyak ditemui di sekitar kita seperti halaman rumah, lapangan sepakbola, persawahan, ladang, lapangan golf,  kebun dan lain-lain. Pemandangan akan nampak sejuk apabila terdapat rumput yang tertata rapi. Rumput sering tumbuh liar dan semakin banyak serta tidak tertata jika dibiarkan tanpa perawatan rutin. Apalagi jika musim hujan tiba, rumput yang semakin banyak dan lebat tentu menganggu pemandangan. Betul tidak?

Tentu saja anda menyukai halaman dengan rumput yang rapi dan indah. Tapi, anda pasti juga menyadari bahwa untuk memiliki rumput halaman yang indah memerlukan perawatan yang tepat. Rumput yang terawat dengan baik dapat memberikan suasana santai pada halaman atau kebun. Dengan begitu, anda bisa menikmati pemandangan indah di rumah bersama keluarga.

Perawatan kebun bisa menjadi pekerjaan yang membuat anda frustrasi. Apalagi jika tidak mempunyai alat yang tepat. Memiliki mesin pemotong rumput yang tepat akan membuat pekerjaan memotong rumput menjadi lebih mudah, cepat dan pastinya menyenangkan. Selain itu, pemakaian mesin potong rumput yang tepat juga akan membantu menjaga supaya rumput tetap sehat. 

Ada berbagai jenis mesin pemotong rumput yang beredar di pasaran. Jadi, anda perlu membandingkan jenis, fitur maupun harga mesin potong rumput sehingga akhirnya mendapatkan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Di samping mempertimbangkan berbagai pilihan dan harga mesin pemotong rumput, sebaiknya juga memahami mesin pemotong rumput mana yang terbaik untuk halaman atau kebun anda. Tapi, memilih mesin pemotong rumput bisa menjadi pekerjaan yang rumit sebab salah pilih bisa fatal hasilnya.

Anda harus mempertimbangkan berat, daya, biaya, fitur keselamatan, kemudahan pemakaian, ketahanan mesin hingga kemampuan mekanisnya. Mesin pemotong rumput yang ada di pasaran biasanya hadir dalam jumlah, ukuran, jenis, dan rentang harga yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya. Mengetahui jenis dan kerapatan rumput di halaman Anda juga sangat penting karena dapat menentukan ukuran rotasi dan pisau. Semakin padat rumput, semakin banyak tenaga yang anda butuhkan serta membutuhka pisau yang lebih besar.

Jenis-jenis mesin pemotong rumput


Secara umum, menurut ukuran dan cara penggunaannya, mesin pemotong rumput terbagi menjadi tiga jenis. Ketiga jenis tersebut dapat dengan mudah ditemui di pasaran yang bisa anda sesuaikan dengan anggaran maupun kebutuhan.

Mesin pemotong rumput tipe gendong
Mungkin anda sering sekali melihat mesin pemotong rumput jenis gendong ini. Bentuknya yang sederhana serta berat dan ukuran yang ringan membuatnya mudah untuk digunakan. Harganya pun masih lumayan terjangkau. Bahkan ada beberapa produk dengan merek tertentu yang menjualnya dengan harga di bawah satu jutaan. Anda bisa menjumpai mesin tipe gendong ini dengan merek, fitur dan harga yang beragam.

Biasanya, mesin pemotong rumput tipe gendong menggunakan mesin dua tak dan memakai bahan bakar berupa listrik maupun campuran bensin dan oli. Cara penggunaannya pun mudah, anda tinggal tarik tuas starter hingga mata pisau berputar. Kemudian anda arahkan ke rumput yang ingin dipotong.
mesin pemotong rumput ringan

Mesin pemotong rumput tipe dorong
Jika dibandingkan dengan tipe gendong, mesin pemotong rumput tipe dorong lebih mudah dan praktis. Anda tinggal mendorong mesinnya menyesuaikan arah rumput yang ingin anda potong. Mesin dorong ini biasanya memiliki berat sekitar 30 kg dan menggunakan ban berukuran delapan inci.

Kalau melihat fitur dan ukurannya, tentu saja harga mesin pemotong rumput tipe dorong lebih mahal daripada tipe gendong. Anda bisa mendapatkan mesin tipe dorong pada harga sekitar dua jutaan bisa lebih mahal tergantung dengan merek dan fitur yang dimiliki. Bagi anda yang memiliki kebun atau taman rumah yang luas maka mesin potong rumput dorong cocok untuk digunakan karena akan menghemat waktu dan tenaga. Mesin ini juga banyak dipakai oleh perusahaan atau instansi untuk memotong rumput halaman kantor.
mesin pemotong rumput tipe dorong

Mesin pemotong rumput tipe mobil
Mesin potong rumput model terbaru dan tercanggih saat ini. Anda dapat menggunakannya dengan duduk dan mengarahkannya di area rumput yang akan dipotong, seperti ketika mengendarai mobil. Mesin pemotong rumputnya terletak di bagian bawah sehingga sangat nyaman digunakan. Anda sudah dapat membayangkan harga mesin pemotong rumput jenis monbil ini bukan? Tentu saja lebih mahal dibandingkan dengan tipe dorong apalagi tipe gendong. Cara penggunaan serta ukurannya memudahkan untuk memotong rumput pada area yang sangat luas misalnya lapangan bola atau lapangan golf.
mesin pemotong rumput tipe mobil

Itulah tips tentang bagaimana cara memilih mesin pemotong rumput yang tepat. Anda dapat memilih sesuai dengan luas area rumput maupun fitur dan kegunaan dari mesin yang telah Jawalogger jelaskan di atas. Silakan pertimbangkan juga menurut kebutuhan maupun kemudahan dalam penggunaannya.  Dengan begitu, anda bisa melakukan kegiatan potong rumput dengan mudah dan nyaman. Hasilnya, taman atau kebun akan selalu kelihatan lebih tertata rapi dan bersih.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa