Cara Membuat Tombol Share Melayang di Samping Blog

Cara Membuat Tombol Share Melayang di Samping Blog - Suatu tulisan blog memang sudah seharusnya dishare bukan? Tujuannya tidak lain tidak bukan agar banyak pembaca yang berdatangan mengunjungi blog kita. Tentu saja, tulisan mesti bermanfaat bagi orang lain sehingga layak dibagikan ke banyak orang. Oleh sebab itu, kehadiran tombol share menjadi sangat penting perannya.

Tombol yang terdiri dari beberapa ikon sosial media terkenal tersebut berfungsi untuk memudahkan pembaca membagikan tulisan blog yang disukai. Semakin banyak pembaca yang "share" kemungkinan besar trafik atau pengunjung ke blog juga akan meningkat.

Sebenarnya, di template bawaan blog terutama di Blogspot sudah memberikan tombol share di bawah postingan. Tapi, sebagian pembaca mungkin tidak mudah untuk menemukan tombol share tersebut. Bisa jadi karena warna, letak maupun ukurannya.

Tombol share biasanya diletakkan di atas / bawah postingan, maupun melayang di samping postingan. Menurut sebuah newsletter yang saya baca, tombol share melayang dapat meningkatkan share suatu tulisan blog. Namun, bukan berarti tombol share di bawah postingan tidak bagus. Ini semua membutuhkan riset sendiri untuk mengetahui posisi mana yang bagus dan tidak.

Membuat tombol share yang melayang bukanlah hal yang sulit. Anda bisa melakukannya hanya kurang dari 15 menit. Tidak perlu keahlian menulis kode script yang "njelimet" karena ada sebuah situs web yang memberikan layanan tombol share ini, AddThis.

Addthis menyediakan berbagai layanan mulai dari layanan tombol share, follow, hingga donasi. Semua bisa didapatkan secara gratis. Caranya pun sangat mudah.

Kunjungi situs Addthis.com. Klik "Sign Up" yang terletak di sudut kanan atas halaman web.


Pengguna baru akan diminta untuk mengisi alamat email, password dan negara. Jika sudah, klik "Let's Get Started".


Tarraaaa! Sekarang sudah bisa memulai untuk membuat tombol share. Anda lihat.....banyak pilihan alat share seperti share buttons, follow buttons, related posts, list building, link promotion, dan website tip jar. Karena anda akan membuat tombol share maka pilihlah "Share Buttons". Klik!


Sekarang sudah masuk ke halaman "Select a Tool Type" atau Memilih Tipe Alat. Ada lima pilihan tipe tombol share "Floating (melayang)", Inline "di atas, tengah atau bawah artikel", Expanding, Image Sharing "Membagikan gambar", dan Pop Up. Pilih "Floating" untuk membuat tombol share yang melayang. Klik "Continue".


Masuk ke halaman berikutnya, setting tombol share. Di sini, anda dapat mengatur di mana posisi tombol share melayang. Ada dua pilihan "Left / Kiri" atau "Right / Kanan" untuk tampilan Desktop dan "Bottom / Bawah" atau "Top / Atas" untuk tampilan Mobile.

Anda juga dapat memilih sendiri tombol share sosial media mana saja yang ingin ditampilkan dengan mengklik "Select your own". Jika kurang sreg atau cocok, klik menu "Design" untuk mengatur desain tombol share sesuai keinginan. Lalu ada menu "Advanced Options" tapi abaikan saja ini.

Jika sudah selesai Klik "Save & Continue".


Kemudian anda akan masuk ke halaman "Get The Code". Di sini anda diminta untuk menyalin atau "Copy" kode script. Klik tombol "Copy".


Buka Blogger anda. Masuk ke "Tema", pilih "Edit HTML". Tekan CTRL + F untuk melakukan pencarian </body>. Jika sudah ketemu, "Paste / tempelkan kode script yang sudah dicopy tadi di atas </body>. Klik "Simpan / Save".


Selesai. Sekarang pratinjau blog anda. Tombol share melayang di sisi kiri halaman. Sedangkan pada smartphone, tombol share malayang di bawah.




Itulah cara membuat tombol share yang melayang di samping tulisan blog. Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jika anda merasa tulisan ini berguna untuk orang lain juga dan ingin membagikannya, silakan share.

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa