7 Nutrisi Makanan Untuk Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

Manusia akan kehilangan rambut setiap hari dan jumlah rambut rontok semakin meningkat seiring usia yang semakin bertambah. Ini merupakan kejadian yang normal terjadi. Tapi, jika rambut mengalami rontok lebih dari yang seharusnya dan perlahan-lahan garis rambut mulai surut maka itu bisa jadi tanda-tanda terjadinya kebotakan.

Memang sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dermatolog terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi dan saran yang tepat. Namun, anda bisa mempertimbangkan untuk mencegah rambut rontok dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi tepat.


Seperti halnya bagian tubuh lainnya, rambut juga membutuhkan beberapa macam asupan nutrisi  agar bisa tumbuh dengan sehat. Berikut ini adalah nutrisi-nutrisi makanan yang anda butuhkan untuk menjaga kesehatan dan mencegah kerontokan rambut.

Asam lemak Omega 3

Asam lemak Omega 3 terkenal akan manfaatnya untuk kesehatan otak. Tapi, jangan salah nutrisi Omega 3 juga sangat penting untuk kesehatan rambut. Menurut Batayneh, Omega 3 memberi nutrisi pada folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut sehat dan mencegah rambut patah.

Sayangnya, tubuh manusia tidak bisa memproduksi asam lemak Omega 3. Anda bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari makanan seperti kenari, minyak lobak, ikan salmon, dan ikan tuna.

Seng

Fungsi seng untuk meningkatkan pertumbuhan dan perbaikan jaringan, termasuk rambut. Seng dapat mengatur hormon, khususnya hormon testosteron dalam tubuh dan menjaga produksi kelenjar yang mensekresikan minyak pada kulit kepala sehingga membantu pertumbuhan rambut Anda.

Tapi jangan terlalu berlebihan untuk asupan zat seng ini karena dapat memicu bertambahnya kadar testosteron yang terkait dengan rambut rontok.

Makanan-makanan yang mengandung zat seng antara lain buncis, tiram, daging sapi, daging sapi muda, daging panggang.

Vitamin

Vitamin terutama Vitamin A dan C sangat penting peranannya dalam menghasilkan sebum. Sebum merupakan zat berminyak yang dikeluarkan oleh folikel rambut yang berfungsi sebagai kondisioner alami dan membantu mencegah rambut pecah-pecah. Makanan-makanan yang mengandung vitamin A dan C antara lain labu, bayam, ubi jalar dan brokoli.

Zat besi

Zat besi sangat penting peranannya untuk membantu kelancaran peredaran darah ke sel-sel tubuh. Jika kekurangan zat besi, maka darah tidak bisa mengangkut cukup zat oksigen ke kulit kepala. Akibatnya akan menganggu pertumbuhan rambut. Menurut Batayneh, banyak dokter telah menemukan keterkaitan antara pengobatan anemia (kekurangan zat besi) dan peningkatan pertumbuhan rambut.

Anda dapat dengan mudah mendapatkan makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran berwarna hijau gelap, biji-bijian, kacang-kacangan, daging merah, kalkun, kuning telur, kerang, kerang, tiram.

Protein

Protein sangat erat hubungannya dengan pertumbuhan otot dan rambut. Jika manusia hanya mendapatkan sedikit asupan protein maka kemungkinan akan mengalami rambut beruban bahkan kebotakan. Oleh karena itu, konsumsilah makanan-makanan yang kaya akan kandungan protein alami dan berkualitas tinggi seperti kuning telur, kangkung, kacang tanah, kacang-kacangan, kacang polong, kacang lentil, tahu, ayam dan kalkun.

Magnesium

Menurut National Institute of Health, zat Magnesium merupakan mineral yang jumlahnya paling melimpah keempat di dalam tubuh dan dibutuhkan pada lebih dari 300 reaksi biokimia termasuk untuk pertumbuhan rambut. Jika kekurangan magnesium maka peradangan dalam tubuh akan meningkat, begitu juga dengan rambut rontok.

Makanan yang mengandung magnesium antara lain kacang almond, bayam, kacang mede, lentil, dan beras merah.

Selenium

Selenium merupakan salah satu zat mineral yang membantu tubuh menghasilkan selenoprotein. Selenoprotein berfungsi mengatur reproduksi, metabolisme, sintesis DNA, kekebalan tubuh dan merangsang folikel rambut untuk mendorong pertumbuhan baru. Kekurangan Selenium akan menyebabkan terlalu banyak selenoprotein yang keluar dan menyebabkan kelainan folikel rambut sehingga pertumbuhan berkurang. Akibatnya rambut rontok.


Konsumsilah makanan-makanan seperti udang, tuna dan sarden untuk memenuhi asupan zat selenium dalam tubuh anda.

Mengubah gaya hidup mungkin akan terlalu merepotkan bagi anda. Tapi jika Anda benar-benar ingin mencegah atau mengatasi kebotakan dan memiliki rambut kepala yang sehat maka anda harus melakukan perubahan. Mengonsumsi makanan yang tepat adalah cara termurah, termudah dan paling menyenangkan untuk mencegah dan mengatasi rambut rontok.

NB : 
Tulisan ini berusaha untuk menghadirkan informasi dan tips yang seakurat mungkin dari berbagai sumber pilihan dan terpercaya. Hasil dapat bervariasi pada tiap individu tergantung kondisi tubuh dan kesehatan pribadi.Jawalogger tidak dapat menjamin dan tidak bertanggung jawab apabila hasil yang anda peroleh berbeda dengan pengguna lain yang mendapatkan hasil positif.

Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis untuk mendapatkan saran dan solusi terbaik berkaitan dengan masalah kebotakan pada rambut kepala.

(dari berbagai sumber)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa