6 Cara Agar Cepat Hamil Dengan Mudah Sesudah Menikah

Anda baru saja menikah? Lalu apa tujuan atau goal anda selanjutnya? Anda pasti sudah menyusun aneka rencana setelah menikah. Mungkin salah satunya, anda ingin segera memiliki momongan. Apalagi jika orangtua sekarang lebih sering bertanya "Sudah hamil?" Pasti keinginan untuk cepat-cepat hamil semakin besar. Tapi apa daya jika anak yang dinantikan belum datang juga.

cara agar cepat hamil
Image credit : Pixabay
Memang untuk mencapai kehamilan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda dan pasangan sudah sering melakukan hubungan tapi belum juga hamil. Lalu bagaimana caranya agar bisa cepat hamil?

Jangan tunda kehamilan
Tuntutan pekerjaan kadang memaksa anda dan pasangan untuk menunda kehamilan. Suntik KB maupun alat kontrasepsi lainnya pun menjadi solusi bagi sebagian pasangan yang baru menikah. Maka dari itu, sebaiknya anda jangan menunda-nunda rencana memiliki anak. Tahukah anda bahwa menunda kehamilan bisa berisiko negatif terhadap peluang hamil.

Risiko menunda kehamilan antara lain :
  • Berkurangnya sel telur dalam ovarium sehingga akan memperkecil peluang kehamilan
  • Semakin usia bertambah, ovulasi wanita pun juga semakin menurun
  • Semakin bertambah usia, semakin besar risiko keguguran
  • Terjadinya berbagai masalah kesehatan reproduksi seperti tubafalopi, endometriosis bisa menghambat kehamilan.
  • Bertambahnya usia pria maupun wanita berpeluang meningkatkan masalah kesehatan reproduksi
  • Dengan menunda kehamilan maka peluang bayi lahir dengan cacat bawaan lahir lebih tinggi
  • Meningkatkan risiko lebih nyeri pada saat melahirkan

Anda sudah mengetahui semua akibat menunda-nunda kehamilan. Jadi, jangan tunda lagi untuk cepat memiliki anak.

Konsultasi ke dokter atau bidan
Tujuan konsultasi ke dokter atau bidan adalah untuk memeriksa dan mengetahui kondisi kesehatan pasangan suami istri apakah bisa memengaruhi kehamilan atau tidak. Biasanya, pasutri akan diminta untuk melakukan tes dari tes darah sampai rubella. Dengan mengunjungi dokter atau bidan secara rutin dan teratur maka  anda dapat memastikan peluang hamil bisa cepat atau tidak, dan prediksi kesehatan kandungan ke depannya.

Pola hidup sehat
Menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat sangat penting bagi pasangan suami istri yang ingin cepat memiliki seorang bayi. Bagi pria jauhi kebiasaan merokok karena telah terbukti dapat merusak sperma dan membahayakan bayi. Hentikan minum minuman beralkohol. Minuman beralkohol dapat mengurangi kadar hormon testosteron dan jumlah sperma. Jauhi berendam dalam suhu panas seperti di sauna maupun pemandian air panas karena dapat membunuh sel sperma pria.

Konsumsilah makanan bernutrisi terutama yang banyak mengandung asam folat, zinc, vitamin C dan D serta kalsium. Jika anda penggemar kopi, sebaiknya kurangi konsumsinya meskipun belum ada bukti ilmiah tentang dampak negatif kopi terhadap kehamilan. Minum kopi sering dikaitkan sebagai penyebab keguguran dan bayi lahir prematur. Jadi, sikap hati-hati anda maka lebih disarankan untuk menghindari minum kopi.

Lakukan olahraga rutin dan teratur untuk menjaga kesehatan fisik dan mendapatkan berat badan ideal. 

Selain pola hidup sehat pada fisik, anda juga harus memperhatikan kondisi mental. Hindari stres berlebihan untuk memperbesar peluang kehmilan yang lebih cepat.

Ketahui masa subur
Mengetahui masa subur adalah salah satu cara terbaik supaya peluang kehamilan semakin maksimal. Untuk mengetahui kapan masa subur anda bisa menggunakan alat prediksi kehamilan dan alat pengecek masa subur. Alat prediksi kehamilan berfungsi untuk hormon luteinizing yang tinggi ketika anda sedang subur. Cara pemakaiannya pun semudah menggunakan alat tes kehamilan.

Sedangkan untuk alat pengecek masa subur, anda bisa menggunakan aplikasi yang tersedia di Android maupun iPhone yang dapat membantu menghitung masa subur.

Bercinta di saat yang pas
Anda sudah mengetahui kapan masa subur, selanjutnya bercintalah selama pada saat-saat subur tersebut. Anda dan pasangan bisa melakukan hubungan mulai dari tiga hari sebelum masa subur sampai selama masa subur itu berlangsung.

Manfaatkan waktu beberapa hari di masa subur tersebut untuk bercinta sebab sperma mampu bertahan lima sampai enam hari sesudah dikeluarkan. Misalnya, anda dan pasangan melakukan hubungan pada hari Sabtu, maka sperma akan bertahan sampai hari Rabu ampai Jum'at.

Jangan lupa berdoa
Setelah melakukan segala usaha di atas, maka langkah yang sangat penting adalah berdoa. Tidak ada daya dan upaya melainkan atas izin-Nya. Berserah diri dan tawakallah kepada Tuhan agar keinginan hamil cepat terlaksana. Berdoalah pada waktu-waktu tertentu seperti pada waktu ibadah, pada sepertiga malam bagi muslim. Mulai membiasakan untuk terus berdoa dan berserah diri sembari berusaha untuk bisa cepat memiliki seorang anak.

Bagaimana Lurr?

Jika anda merasa tips agar cepat hamil di atas bermanfaat, mungkin anda akan dengan senang hati untuk membagikannya kepada teman-teman maupun orang lain melalui berbagai media sosial.

Tetap berusaha dan semoga berhasil,

Maturnuwun :)

(dari berbagai sumber)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa