5 Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Rambut Kepala

Rambut memiliki fungsi yang penting bagi manusia. Selain sebagai pelindung dari panasnya sinar matahari dan cuaca dingin, rambut memiliki fungsi estetika dan kecantikan khususnya pada wanita. Ketika dirawat dan diperlakukan dengan baik, rambut memberikan nilai keindahan yang bisa membuat rasa percaya diri meningkat. Oleh karena itu, kita sering mendengar ungkapan rambut itu seperti mahkota. Tapi, sebagai bagian penting rambut rentan akan kerontokan, timbulnya ketombe, rambut bercabang dan berminyak.
manfaat daun jambu biji untuk rambut kepala

Cara perlakuan terhadap rambut seperti kurang menjaga kebersihannya, asupan nutrisi kepada rambut kurang, maupun salah dalam memilih sampo atau kondisioner menjadi faktor-faktor penyebab berbagai permasalahan yang timbul pada rambut kepala.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk melakukan perawatan rambut, khususnya dengan cara alami. Salah satu cara alami untuk merawat kesehatan rambut adalah dengan menggunakan daun jambu biji.


Daun jambu mengandung zat anti mikroba dan antioksidan seperti vitamin C dan flavonoid seperti quercetin yang dapat membantu mengatasi masalah pada rambut kepala dari rambut rontok sampai kulit kepala.

Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan rambut kepala

Membantu mengatasi rambut rontok

Menurut hasil penelitian, sebanyak 8 dari 10 orang, khususnya wanita sudah pernah mengalami rambut rontok. Dari fakta tersebut, wanita memang cenderung lebih rentan terhadap rambut rontok daripada pria. Banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok di antaranya rambut berminyak, pola makan, dan stres. Daun jambu biji yang kaya akan kandungan Vitamin C bisa menjadi solusi untuk mengatasi rambut rontok.

Caranya:
Siapkan 15-10 lembar daun jambu biji
Air sebanyak 1 liter

Kemudian rebus air bersama daun jambu biji hingga mendidih dan berubah warna menjadi cokelat kehitam-hitaman. Setelah itu, biarkan sampai air rebusan tersebut dingin. Jika sudah dingin, saring untuk memisahkan air rebusan dengan ampasnya. Air rebusa daun jambu biji siap digunakan sebagai masker rambut.

Cara penggunaan:
Oleskan masker jambu biji rambut kepala hingga merata sampai ke kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan lembut lalu setelah itu diamkan selama kira-kira 10 sampai 15 menit. Oleskan minyak kelapa untuk melembabkan rambut. Lakukan secara rutin paling tidak dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

Mengatasi ketombe

Timbulnya ketombe tentu sangat menganggu kegiatan kita sehari-hari. Kotoran-kotoran rambut berwarna putih ini sering terlihat pada baju sehingga membuat penampilan tidak maksimal. Untuk mengatasi ketombe, jangan buru-buru memakai obat anti ketombe. Gunakan daun jambu biji dengan cara :

Siram kulit kepala dengan bubuk daun jambu biji kemudian diamkan selama kira-kira 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Mengatasi rambut berminyak

Rambut mudah lepek dan rontok  salah satun penyebabnya bisa jadi rambut yang berminyak. Jika tidak ingin terus-menerus terganggu dengan rambut berminyak, cobalah untuk merebus segenggam daun jambu biji selama kira-kira 20 menit. Diamkan dampai dingin. Lalu gunakan air rebusan tadi untuk membilas rambut. Jangan pakai sabun. Cara ini ampuh atasi rambut berminyak.

Membantu mencegah rambut bercabang

Rambut pecah-pecah dan bercabang akan membuat rambut terlihat kusam dan kurang sedap dipandang. Untuk mencegah rambut bercabang, haluskan daun jambu biji sampai menjadi pasta. Tambahkan satu sendok teh madu. Kemudian oleskan campuran pasta dan madu pada ujung rambut. Diamkan sekejap. Bilas dengan air hangat suam-suam kuku.

Mengatasi kulit kepala gatal

Rambut yang kotor dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit kepala. Untuk mengatasinya, haluskan daun jambu biji menggunakan blender hingga menjadi jus. Cuci rambut dengan jus daun jambu. Diamkan sebentar. Bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin dua kali sebulan. Selain bermanfaat mengatasi kulit kepala gatal, jus daun jambu juga bermanfaat untuk membuat rambut lebih bercahaya dan membuat rambut lebih lebat.

NB : 
Tulisan ini berusaha untuk menghadirkan informasi dan tips yang seakurat mungkin dari berbagai sumber pilihan dan terpercaya. Hasil dapat bervariasi pada tiap individu tergantung kondisi tubuh dan kesehatan pribadi.Jawalogger tidak dapat menjamin dan tidak bertanggung jawab apabila hasil yang anda peroleh berbeda dengan pengguna lain yang mendapatkan hasil positif.

Sebaiknya anda mengunjungi dokter spesialis untuk mendapatkan saran dan solusi terbaik berkaitan dengan masalah kebotakan pada rambut kepala.

(dari berbagai sumber)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa