10 Contoh Kalimat Aksara Jawa Yang Menggunakan Pasangan

Menulis kalimat khususnya menggunakan aksara Jawa memang tidak semudah yang dibayangkan. Kita harus mengetahui bermacam-macam aksara Jawa baik aksara pokok, pasangan, dan sandhangan dengan baik. Kalau tidak, nanti tentu akan mengganggu kemampuan kita ketika membuat tulisan kalimat aksara Jawa.

Saya masih ingat ketika masih sekolah di SMP dulu. Ibu guru memberikan tugas membuat kalimat beserta aksara Jawanya. Tidak tanggung-tanggung, kami para muridnya harus menulis 10 buah kalimat. Bagi saya pada waktu itu, pekerjaan sekolah membuat kalimat apalagi karangan merupakan tugas yang membosankan. Selain karena harus banyak mikir, saya juga kesulitan mencari ide kalimat.

Jika teringat masa-masa itu, saya jadi menyesal. Menyesal karena saya harus memulai lagi dari nol untuk bisa menulis kalimat beraksara Jawa. Tapi, saya terus mencari sumber baik secara offline maupun online untuk belajar menulis menggunakan aksara Jawa yang saat ini sudah banyak ditinggalkan. Jadi, jangan sampai seperti saya ya Lurr....

Bagi anda yang ingin gladhen atau berlatih menulis kalimat yang menggunakan aksara Jawa lengkap dengan pasangan, Jawalogger menyediakan 10 contoh untuk anda.

1. Adhiku lagi turu
2. Nina isah-isah piring



 3. Jaka maca koran.

4. Tina iku bocah ayu.


5. Endah sregep reresik kebon.


6. Rina iku bocah pinter.


 7. Budi nyambut gawe mempeng banget.

8. Eko ora seneng mangan bubur.


9. Indro lunga menyang Sala.


 10. Bu Sastra ngasta oleh-oleh.

Itulah sepuluh contoh kalimat yang menggunakan aksara Jawa dan lengkap dengan pasangannya. Semoga contoh-contoh tersebut dapat membantu anda untuk berlatih menulis aksara Jawa dengan baik. Tapi, saya sadar bahwa mungkin masih banyak kekurangan di sana-sini. Bagi anda para sedulur semua, jika merasa tulisan ini benar-benar bermanfaat dan ingin membagikannya kepada teman-teman maupun orang lain, bisa mengeklik tombol share / bagikan di bawah ini.

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa