Mau Contoh Terjemahan Paragraf Bahasa Jawa Ke Bahasa Indonesia Lurr? Ini Dia.....

Jadi ceritanya saya terinspirasi blog saya yang lain dengan tema Bahasa Jawa juga dan ingin membuat sebuah contoh terjemahan paragraf Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia.

Karena nilai mengarang saya kurang begitu bagus saat sekolah dulu, saya comotlah contoh paragraf Bahasa Jawa-nya dari rubrik Jagad Jawa Solopos yang berjudul Basa Jawa Lagi Wae Tangi, Aja Dipateni yang artinya Bahasa Jawa Baru Saja Bangun, Jangan Dibunuh.

Paragraf Bahasa Jawa

Wulangan Basa Jawa kasunyatane tetep bisa disinaoni dening para siswa sanajan akeh sing kandha angel. Angel kuwi amarga ora kulina. Alfian, siswa kelas VI sawijining  SD ing Kartasura, Sukoharjo, ngandharake lamun dheweke pancen durung apal aksara Jawa, nanging wus bisa nulis lan maca aksara Jawa.

Saben minggu, dheweke sinau basa Jawa ing sekolahan,  rong jam wulangan ing kelas. Sing disinau yakuwi basa Jawa ngoko nganti krama, macapat, tembang-tembang dolanan, geguritan lan nulis aksara Jawa. Ing omah, dheweke uga sinau dhewe, gladhen nulis aksara Jawa.

”Ora angel banget. Bijiku 7,5,” ujare bocah umur 11 taun kuwi. Sinau nulis lan maca aksara Jawa ora cukup yen mung ing njero kelas. Para siswa kudu gladhen lan sinau nulis lan maca aksara Jawa ing omah utawa ing sanjabane kelas.

Anda lihat Lurr, ada tiga paraggraf, jadi lumayan memanjakan Anda yang memang ingin belajar Bahasa Jawa.

Sekarang mari kita terjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia....

Pelajaran Bahasa Jawa pada kenyataannya tetap bisa dipelajari oleh para murid walaupun banyak yang bilang susah. Susah itu karena tidak terbiasa. Alfian, siswa kelas VI salah satu SD di Kartasura Sukoharjo menjelaskan kalau dia memang belum hafal aksara Jawa, tapi sudah bisa menulis dan membaca aksara Jawa.

Setiap minggu, dia belajar Bahasa Jawa di sekolah, dua jam pelajaran di kelas. Yang dipelajari yaitu Bahasa Jawa ngoko hingga krama, macapat, tembang-tembang dolanan, geguritan dan menulis aksara Jawa. Di rumah, dia juga belajar sendiri, latihan menulis aksara Jawa.

"Tidak susah sangat. Nilaiku 7,5," ujar anak umur 11 tahun itu. Belajar menulis dan membaca aksara Jawa tidak cukup jika hanya di dalam kelas. Para murid harus latihan dan belajar menulis dan membaca aksara Jawa di rumah atau di luar kelas.

Bagaimana Lurr?

Saya juga membagikan daftar kosakata beserta terjemahan yang ada dalam ketiga paragraf di atas. Tapi, tidak semua kata karena beberapa kata dalam Bahasa Jawa ada kemiripan dengan Bahasa Indonesia.


No.
Bahasa Jawa
Bahasa Indonesia
1
Wulangan
Pelajaran
2
Basa
Bahasa
3
Kasunyatan
Kenyataan
4
Dening
Oleh
5
Sanajan
Walaupun, Meskipun
6
Akeh
Banyak
7
Angel
Susah, Sulit
8
Kuwi
Itu
9
Amarga
Karena, Sebab
10
Ora
Tidak
11
Kulina
Biasa, Terbiasa
12
Sawijining
Salah satu
13
Ing
Di-
14
Ngandharake
Menjelaskan
15
Lamun
Jika, Kalau
16
Dheweke
Dia
17
Pancen
Memang
18
Durung
Belum
19
Apal
Hafal
20
Nanging
Tapi, Tetapi
21
Wus (Wis)
Sudah, Telah
22
Nulis
Menulis
23
Maca
Membaca
24
Saben
Setiap
25
Sinau
Belajar
26
Yakuwi
Yaitu
27
Nganti
Sampai, Hingga
28
Dolanan
Mainan, Main-Main
29
Geguritan
Puisi dalam Bahasa Jawa
30
Omah
Rumah
31
Dhewe
Sendiri
32
Uga
Juga
33
Gladhen
Latihan
34
Biji
Nilai
35
Yen
Jika
36
Mung
Hanya
37
(N)jero
Dalam
38
Sanjabane
Luar
39
Kudu
Harus
40
Tetap
Tetap
41
Bisa
Bisa

Itu dulu ya Lurr share saya kali ini....

Jika Anda memiliki saran, opini, maupun koreksi atas terjemahan di atas jangan sungkan-sungkan untuk menuliskannya di dlaam komentar di bawah ini.

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa