Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana Untuk Pemula Mudah dan Nikmat

Pada postingan saya kali ini ingin membagikan pengalaman saya sebagai pemula dalam bidang masak memasak. Maklum sebelumnya cuma bisa masak air dan mie instan hehehe. Beberapa hari ini saya sedang senang-senangnya membuat nasi goreng sederhana ala pemula. Dan ini yang ingin saya berikan untuk Anda semua.....

resep nasi goreng sederhana untuk pemula

Oke langsung saja ya....

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat nasi goreng. Karena ini adalah resep nasi goreng sederhana jadi tidak ada tambahan yang terlalu wah, yang penting enak untuk diri sendiri bukan? hehehe...

Bahan-bahan
  • Nasi 1 porsi (siapkan 1 piring nasi), bisa lebih ya....tergantung kebutuhan
  • Telur ayam menurut selera secukupnya
  • Minyak goreng kurang lebih 2 sendok makan
Bumbu-bumbu halus
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 5-6 siung
  • Cabai menurut selera, kalau saya lebih suka cabai rawit karena pedasnya lebih terasa, biasanya 4-5 buah.
  • Garam secukupnya
Langkah kedua, haluskan bawang merah, bawang putih, cabai dan garam dengan ulekan. Kalau ada blender malah lebih cepat dan mudah. Kalau sudah, sekarang saatnya menuangkan minyak goreng ke atas wajan kemudian tunggu hingga panas.

Masukkan bumbu halus, tumis sampai bau harum muncul. Pecah telur ayam kemudian tumis orak arik  bersama bumbu halusnya. Jika sudah, masukkan nasi dan goreng hingga menjadi satu dengan bumbu halus. Jika sudah tercampur rata nasi dengan bumbu serta nampak berubah warna, tuangkan kecap menurut selera Anda ke nasi lalu aduk sampai tercampur secara merata.

Ketika Anda merasa nasi goreng sudah jadi, coba cicipi dulu. Kalau kurang asin bisa ditambah garam secukupnya menurut selera Anda. Kemudian aduk lagi hingga tercampur rata.

Nasi goreng sederhana ala pemula sudah siap disajikan dan disantap.

Itulah, resep nasi goreng sederhana yang sudah saya praktekkan.

O iya, sebelum membuat nasi goreng perhatikan dulu nasinya. Akan lebih baik jika nasinya yang kadar airnya tidak terlalu banyak sehingga tidak lembek.

Menurut pengalaman saya, nasi yang lembek dibuat nasi goreng rasanya kurang enak dan nikmat. Jika ada sisa nasi yang banyak dalam magic jar lebih baik dinginkan saja dulu sore atau malam harinya. Baru pafi atau siang dibuat nasi goreng, karena selain bumbu-bumbu, nasi juga berpengaruh pada kelezatan nasi goreng.

Sekian,

Semoga bermanfaat....

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa