Cara Cepat dan Mudah Belajar Bahasa Jawa

Ingin belajar Bahasa Jawa dengan cepat dan mudah?

Sayangnya, itu semua tidak akan pernah anda capai jika mengabaikan beberapa syarat-syarat penting. Tidak ada rahasia khusus yang harus ditutup-tutupi Lurrr. Mau Bahasa Jawa atau bahasa-bahasa lainnya kalau memenuhi syarat-syarat tersebut, pasti bisa.

cara cepat dan mudah belajar bahasa jawa

Apa saja syarat-syarat agar anda bisa menguasai bahasa Jawa dengan mudah dan cepat?

Komitmen
Kalau ingin belajar Bahasa apapun, komitmen sangat penting Lurr. Buatlah jadual untuk belajar dan menambah kosakata baru seperti yang akan anda baca pada tips selanjutnya.

Dengarlah dan lihat orang-orang Jawa ngomong
Ini betul Lurr. Mendengar adalah cara yang paling mudah untuk mempelajari suatu bahasa. Anda bisa mendengarkan musik-musik berbahasa Jawa atau menonton video orang-orang cakap bahasa Jawa. Mengapa harus mendengar lebih dulu?

Anda pernah kecil Lurr?

Hanya dengan berbekal mendengar dan menirukan apa yang kita dengar saat kecil dari orang tua, saudara, keluarga, teman-teman, maupun orang lain yang memiliki bahasa sama, anak kecil pun bisa menguasai bahasa dengan mudah.

Anda pun bisa. Coba dengarkan lagu-lagu Jawa yang bertebaran di internet. Kemudian coba sebisa mungkin nyanyikan lagunya sesuai dengan yang penyanyi Jawa tersebut. Contohnya seperti lagu "Sayang" yang sangat populer saat ini melalui Youtube.

Sekarang pun banyak Youtuber yang menggunakan bahasa Jawa seperti Bayu Skak dan Londokampung di mana mereka lebih banyak menggunakan Bahasa Jawa - lebih tepatnya Suroboyoan & Malang - dalam setiap video yang mereka buat.

Cari juga acara-acara televisi yang menggunakan bahasa Jawa misalnya berita. Anda bisa mencarinya di Youtube Lurr, ini contohnya.

Perhatikan cara mereka bicara - terlepas dari Jawa mana yang mereka pakai -, bagaimana aksen mereka serta cara pengucapan mereka.

Gabung komunitas atau teman penutur asli Jawa
Di mana-mana ada orang Jawa, betul nggak Lurr? Jika ingin belajar Bahasa Jawa dengan cepat dan mudah, bergabung dan bergaulah dengan komunitas penutur Jawa asli. Kesampingkan dulu ego kedaerahan anda. Dengarkan dan masukkan setiap kata-kata yang mereka ucapkan dan bagaimana logatnya ke dalam memori anda.

Di sini, mendengarkan sangatlah penting. Sekali-kali ikutlah bicara dengan mereka dan minta bantuan untuk mengucapkan kata-kata Bahasa Jawa ( tapi sebisa mungkin jangan kata-kata kotor ya Lurr ).

Jika sudah akrab dengan komunitas tersebut, mereka dapat menjadi penerjemah yang akan membantu menambah kosakata Jawa.

Latihan ngobrol
Dengan bergabung dengan para penutur Jawa asli, maka anda dapat berlatih "ngobrol" dengan mereka menggunakan kosakata yang anda ingat. Jangan takut salah Lurr. Latihlah kemampuan ngomong anda, kalau bisa setiap hari.

Percuma kan sudah menyimpan banyak kosakata tapi tidak pernah dipraktikkan. Praktik nomong dengan penutur asli bisa menjadi cara ampuh untuk belajar Bahasa Jawa dengan cepat dan mudah.

Abaikan aturan baku
Dalam setiap bahasa pasti ada aturan-aturan baku, termasuk Bahasa Jawa. Tapi, dalam percakapan sehari-hari aturan baku malah jarang sekali dipakai kecuali pada acara-acara resmi. Dalam Bahasa Jawa yang menjadi momok apalagi kalau bukan Jawa Alus maupun Krama Inggil, ya kan Lurr?

Abaikan itu semua. Cukup dengar, perhatikan kemudian praktikkan saja bagaimana orang-orang Jawa ngomong. Anda pasti bisa. Jangan terbebani dengan Basa Krama. nanti kalau sudah sangat lancar ngomong Bahasa Jawa, baru - kalau memang membutuhkan - pelajari Bahasa Jawa Krama baik Alus maupun Inggil.

Membaca
Sebenarnya, kalau menurut saya membaca bukanlah hal pertama yang harus anda lakukan untuk belajar Bahasa Jawa. Tapi, jika ingin mempelajari Bahasa Jawa cara ini tidak boleh anda abaikan. kalau anda sudah bisa ngomong Jawa, tulisan baik itu baku maupun tidak, anda pasti bisa mengerti aneka tulisan Jawa Latin.

Lurr, cara ini bukan hanya untuk mempelajari Bahasa Jawa saja tapi bahasa apapun. Jika anda pernah belajar suatu bahasa dan berhasil dengan cepat bisa juga membagikan caranya melalui komentar di bawah ini Lurr.

Semoga bermanfaat,

Maturnuwun :)

Komentar

Artikel Lainnya

Contoh Kalimat Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Contoh Teks Deskripsi Bahasa Jawa Tentang Candi Borobudur

Sandhangan Panyigeg Wanda dalam Tulisan Aksara Jawa