23/02/17

Latihan Menulis Aksara Jawa (Bag.5) - Menggunakan Aksara Pasangan Wutuh

Sugeng rawuh para sedulur,

Pada bagian-bagian sebelumnya, Jawalogger sudah membahas tuntas tentang penggunaan sandhangan dalam penulisan aksara Jawa . Sekarang, kita akan memulai pembahasan mengenai penggunaan aksara pasangan yang akan terbagi dalam beberapa bagian. Kita akan mulai dengan aksara pasangan wutuh.

Aksara pasangan wutuh berarti aksara pasangan yang bentuk penulisannya sama dengan aksara nglegena / aksara asalnya. Ada empat macam aksara pasangan wutuh yaitu "Ra", "Ya", "Ga", dan "Nga".

Berikut ini contoh kata-kata yang menggunakan aksara pasangan wutuh yang bisa Anda tiru dengan menuliskannya di atas kertas.

1. Becik Rahayu

Pada kata Becik Rahayu, aksara pasangan "Ra" ditempatkan di bawah aksara "Ka" karena aksara "Ka" merupakan konsonan mati.

2. Mangan Rujak

Di sini, aksara pasangan "Ra" yang diberi sandhangan suku ditempatkan di bawah aksara "Na".

3. Mas Yoga

Kata Mas Yoga, aksara pasangan "Ya" untuk bisa dibunyikan suara "o" maka diberikan sandgangan taling tarung yang ditempatkan di sisi kanan & kiri aksara "Sa".

4. Golek Yuyu

Pada kata Golek Yuyu, aksara pasangan "Ya" yang diberi sandhangan suku ditempatkan di bawah aksara "Ka".

5. Mangan Gudheg

Mangan Gudheg, aksara pasangan "Ga" yang diberi sandhangan suku berada di bawah aksara "Na".

6. Dalan Gedhe

Pada kata Dalan Gedhe, aksara pasangan "Ga" mendapatkan sandhangan pepet yang diletakkan di atas aksara "Na".

7. Madhep Ngetan

Di sini, aksara pasangan "Nga" mendapatkan sandhangan taling yang ditempatkan sebelum aksara "Pa", sedangkan pasangan "Nga" sendiri di bawah aksara "Pa".

8. Mangkat Ngojek

Terakhir, aksara "Nga" pada kata Mangkat Ngojek mendapatkan sandhangan taling tarung sebelum & sesudah aksara "Ta", sedangkan aksara "Nga" sendiri berada di bawah aksara "Ta".

Demikian seri kelima latihan menulis aksara Jawa pada bagian penggunaan aksara pasangan wutuh. Coba sekarang Anda praktikkan di atas kertas. Menyenangkan bukan?

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas tentang aksara pasangan tugelan. Jika Anda ingin tetap terhubung dengan blog Jawalogger, silakan berlangganan melalui email yang sudah tertera di bagian samping blog.

Semoga bermanfaat :)

This Is The Newest Post

Silakan berkomentar dengan sopan. Setiap komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi, bagi Anda yang memasukkan komentar, "tidak boleh" memasukkan link di dalam komentar.

Jika itu terjadi, maka saya tidak akan menyetujui komentar Anda.
EmoticonEmoticon