10/01/17

Contoh Paragraf Aksara Jawa dan Artinya (Bag.3)

Sugêng rawuh para sêdulûr,

Piye kabare?

Mugi Gusti tansah paring kêslamêtan lan kasihatan marang Sampeyan kabeh.

Pada postingan kali ini saya akan membagikan tulisan dua paragraf berbahasa dan beraksara Jawa. Seperti biasa, saya mengambil contoh paragrafnya dari rubrik Jagad Jawa Solopos yang kali ini berjudul "Aja Kuwatir Dadi Tuwa" (Jangan Khawatir Menjadi Tua).

Paragraf bahasa Jawa beserta terjemahannya ke dalam bahasa Indonesia:

Urip bakal dadi tuwa kuwi minangka kodrat. Ora prelu kuwatir. Mula becike padha sukur yen mangsa tuwa tumeka, apa maneh yen sing kakung uga isih seger meger-meger lan tetep prakosa.
(Hidup akan menjadi tua itu sudah menjadi kodrat. Tidak perlu khawatir. Alangkah baiknya bersyukur jika masa tua tiba, apa lagi jika yang lelaki juga masih segar bugar dan tetap perkasa.)

Dene yen kulit saya kriput, kudune ora usah gawe gela utawa padha tumindhak sing ora nalar, kaya golek susuk utawa suntik silicon lan operasi plastik. Luwih becik nampa kahanan kanthi tentreming ati murih ora kelara-lara.
(Meskipun kulit semakin berkeriput, seharusnya tidak usah kecewa atau bertindak yang tidak masuk akal, seperti mencari "susuk" atau suntik silikon dan operasi plastik. Lebih baik menerima keadaan dengan hati yang tenteram agar tidak menderita.)

Tulisan dalam aksara Jawanya seperti di bawah ini :

Mungkin tulisan di atas kurang sempurna atau kurang tepat, Anda bisa membantu melalui kolom komentar.

Semoga bermanfaat,

Maturnuwun :)

Silakan berkomentar dengan sopan. Setiap komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi, bagi Anda yang memasukkan komentar, "tidak boleh" memasukkan link di dalam komentar.

Jika itu terjadi, maka saya tidak akan menyetujui komentar Anda.
EmoticonEmoticon