Contoh Paragraf Aksara Jawa dan Artinya (Bag.1)

Sugêng rawuh para sêdulûr,

Piye kabare?

Mugi Gusti tansah paring kêslamêtan lan kasihatan marang Sampeyan kabeh.

Jika sebelumnya Jawalogger membagikan contoh-contoh kalimat mengggunakan aksara Jawa, maka saya akan membahas tentang paragraf aksara Jawa.

Dalam prosesnya, saya membutuhkan waktu agak lama untuk bisa membuat tulisan aksara Jawa. Namun, akhirnya berhasil juga.

Contoh paragraf aksara Jawa di bawah ini saya ambil dari Wikipedia Basa Jawa.

Basa Jawa iku kagolong basa Austronesia, ya iku basa-basa sing dianggo sawarna-warnané bangsa pribumi ing kapuloan sakidul-wetaning bawana Asia. Basa Jawa kasebar wiwit pucuk kulon pulo Jawa, Banten nganti pucuk wétan Banyuwangi déning kurang luwih 80 yuta panutur ibu. Kajaba iku, basa iku kasebar ing Indonésia saka Sumatra nganti Papua, Timor Wétan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Walanda, Suriname, Curaçao, lan ing Kaledonia Anyar.

Terjemahan :

Bahasa Jawa tergolong bahasa Austronesia yaitu bahasa-bahasa yang digunakan berbagai macam bangsa pribumi di kepulauan sebelah tenggara benua Asia. Bahasa Jawa tersebar mulai ujung barat pulau Jawa, Banten hingga ujung timur Banyuwangi dipertuturkan oleh kurang lebih 80 juta orang. Selain itu, bahasa tersebut tersebar di Indonesia dari Sumatra sampai Papua, Timor Timur, Malaysia, Singapura, Taiwan, Hong Kong, Walanda, Suriname, Curacao, dan di Kaledonia Baru.

Penulisan paragraf menggunakan aksara Jawa (Klik gambar jika kurang jelas / ada 2 gambar):
contoh paragraf dengan aksara jawa beserta artinya
contoh paragraf aksara Jawa dan artinya dalam bahasa Indonesia

Bagi Anda yang sudah bisa atau mahir, mohon bantuan koreksinya jika ada cara penulisan aksara Jawa di atas yang kurang tepat.

Jika ada yang mau ditanyakan atau sekedar membetulkan tulisan di atas, silakan isi kolom komentar di bawah.

Maturnuwun :)

Bukan seorang ahli, apalagi sarjana Bahasa Jawa, Andi menuliskan segala pengetahuan mengenai bahasa ibunya yang pernah didapat melalui sekolah dulu dan buku-buku. Andi juga tidak jarang menulis tema lain seperti teknologi dan kesehatan. Kunjungi Jawalogger.com.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silakan berkomentar dengan sopan. Setiap komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi, bagi Anda yang memasukkan komentar, "tidak boleh" memasukkan link di dalam komentar.

Jika itu terjadi, maka saya tidak akan menyetujui komentar Anda.