Contoh Kalimat Menggunakan Aksara Jawa (Bag.1)

Sugêng rawuh para sêdulûr,

Piye kabare?

Salah satu hal yang menyenangkan saat belajar Bahasa Jawa adalah menulis kalimat menggunakan aksara Jawa. Saya sendiri sekarang baru memulai lagi dari nol, sambil mengingat kembali pelajaran yang pernah saya dapatkan di sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama dulu.

Mengingat aksara-aksara Jawa sudah jarang ditemui pada zaman sekarang, apalagi penggunaan huruf Latin, sulit bagi saya maupun kebanyakan orang Jawa kesulitan dalam menggunakannya.

Lebih-lebih, jarang sekali atau bisa dikatakan hampir tidak ada tutorial Bahasa Jawa.

Namun, sekarang saya ingin mencoba untuk membagikan hasil belajar saya dalam menulis kalimat menggunakan aksara Jawa.

Contoh :

Coba rungokna, Man. Rungokna! Rungokna kae bocah-bocah padha nembang Jamuran ing sangisoring sunar rembulan. Ing sangisore wit sawo ing latare pak lurah. (Cerkak "Kangen" Jagad Jawa Solopos)

Saya mengambil petikan kalimat percakapan dari sebuah cerita cekak (cerita pendek berbahasa Jawa) di kolom Jagad Jawa Solopos.

Oke, sekarang mari kita lihat bagaimana cara penulisannya dengan aksara Jawa. (Jika kurang jelas, silakan klik gambarnya)
Bagi Anda yang sudah mahir, tolong dikoreksi jika ada penulisan saya yang kurang tepat.

Tulisan mengenai contoh kalimat dalam aksara Jawa akan terus saya bagikan pada posting-posting selanjutnya.

Semoga bermanfaat,

Maturnuwun :)


Bukan seorang ahli, apalagi sarjana Bahasa Jawa, Andi menuliskan segala pengetahuan mengenai bahasa ibunya yang pernah didapat melalui sekolah dulu dan buku-buku. Andi juga tidak jarang menulis tema lain seperti teknologi dan kesehatan. Kunjungi Jawalogger.com.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silakan berkomentar dengan sopan. Setiap komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi, bagi Anda yang memasukkan komentar, "tidak boleh" memasukkan link di dalam komentar.

Jika itu terjadi, maka saya tidak akan menyetujui komentar Anda.