Sekilas Tentang Bahasa Jawa, Akankah Tetap Lestari?

Bahasa Jawa. Tentu bahasa daerah yang satu ini sangat terkenal di Indonesia selain bahasa-bahasa daerah lainnya. Jumlah penuturnya bisa dibilang termasuk paling banyak, hanya kalah dari Bahasa Indonesia.

Dari data di id.wikipedia.org, jumlah penutur Bahasa Jawa diperkirakan mencapai kurang lebih 75 juta orang. Tapi, ini data tahun 1999 oleh Ethnologue. Sekarang masih belum ada data paling mutakhir yang saya temukan. Kemungkinan bisa berkurang seiring dengan penggunaan Bahasa Indonesia sehari-hari yang notabene bahasa nasional. Sekali lagi, itu hanya kemungkinan saja.

Bahasa Jawa dipertuturkan di sebagian besar wilayah di Pulau Jawa terutama Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian kecil Jawa Barat. Selain itu, orang-orang Jawa perantauan di pulau-pulau lain seperti Sumatra dan Kalimantan juga masih mampu berbicara dalam Jawa.

Di luar negeri, bahasa Jawa banyak digunakan di Suriname, Malaysia, Belanda, Kaledonia Baru, Aruba dan Curacao.

Meski begitu, entah sampai kapan bahasa Jawa akan tetap dipakai, mengingat jaman sekarang yang sudah tidak mengenal batas negara. Penggunaan bahasa nasional maupun bahasa-bahasa mancanegara yang menjadi primadona di bidang pendidikan lambat laun mengerdilkan bahasa-bahasa daerah termasuk Bahasa Jawa.



Bukan seorang ahli, apalagi sarjana Bahasa Jawa, Andi menuliskan segala pengetahuan mengenai bahasa ibunya yang pernah didapat melalui sekolah dulu dan buku-buku. Andi juga tidak jarang menulis tema lain seperti teknologi dan kesehatan. Kunjungi Jawalogger.com.

Share this

Related Posts

First

Silakan berkomentar dengan sopan. Setiap komentar akan dimoderasi terlebih dahulu. Jadi, bagi Anda yang memasukkan komentar, "tidak boleh" memasukkan link di dalam komentar.

Jika itu terjadi, maka saya tidak akan menyetujui komentar Anda.